Tentang Kami

22 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini


Sejarah

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) diselenggarakan untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi utuh yaitu unggul dan berkarakter. Profil lulusan PPG adalah guru profesional yang memiliki sikap peka, peduli sesama/lingkungan, jiwa disiplin, bekerjasama, jujur, disamping kompetensi-kompetensi keprofesionalan guru lainnya. Untuk mencapai tujuan ini, peserta harus didukung dengan fasilitas, pengampu, dan kurikulum yang baik, sehingga mereka memiliki semangat dan motivasi untuk mengikuti dan berperan aktif dalam berbagai kegiatan PPG.

FKIP Unsyiah adalah salah satu LPTK yang dipercaya untuk melaksanakan program PPG sejak tahun 2014 berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 17g/DIKTI/Kep/2013. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 007/B1/SK/2016 Tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Rintisan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala ditunjuk kembali sebagai penyelenggara program PPG. Pada tahun 2018 FKIP Unsyiah mendapatkan izin pembukaan Program Studi PPG berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 4018/A4.1/HK/2018.

Pada tahun 2014 sampai dengan 2016 PPG FKIP UNSYIAH dipercaya melaksanakan program PPG bagi mahasiswa SM3T. Setelah menyelesaikan masa penugasan di daerah 3T selama satu tahun, mahasiswa SM3T memperoleh kesempatan mengikuti program PPG selama satu tahun.

Tahun 2017 selain melaksanakan PPG SM3T, PPG FKIP UNSYIAH juga melaksanakan PPG bagi mahasiswa prajabatan bersubsidi. Kemudian pada tahun 2018 PPG FKIP UNSYIAH dipercaya untuk menjalankan 4 jenis program PPG yaitu PPG SM3T, PPG prajabatan bersubsidi , PPG Dalam Jabatan daring dan PPG Dalam Jabatan Guru Daerah Khusus.

Sampai dengan saat ini, Jumlah mahasiswa yang mengikuti PPG di FKIP UNSYIAH sudah lebih dua ribu orang. Para lulusan telah memiliki sertifikat professional pendidik dari berbagai bidang studi. Lulusan PPG FKIP Unsyiah sebagian besar telah lulus Program Guru Garis Depan (GGD) yang mengabdi di sejumlah daerah 3T di Indonesia dan selebihnya lulus menjadi PNS jalur umum.


Profil Lulusan

Guru profesional yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan.


Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian;

  2. Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel);

  3. Menguasai materi ajar termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari;

  4. Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge dan pendekatan lain yang relevan;

  5. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;

  6. Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran; dan

  7. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi.