Untuk menkoordinasikan pelaksanaan Program PPG SM-3T FKIP Unsyiah, perlu dibentuk Program PPG SM-3T dengan kedudukan, tugas,  fungsi,  dan susunan organisasi sebagai berikut.

  1. Kedudukan
    1. Program PPG SM-3T FKIP Unsyiah adalah koordinator pelaksana Program PPG SM-3T FKIP Unsyiah yang berada langsung di bawah Dekan FKIP Unsyiah.
    2. Program PPG SM-3T FKIP Unsyiah dipimpin oleh seorang ketua pelaksana yang dalam tugasnya sehari-hari secara administratif dan teknis dibina oleh Dekan dan Pembantu Dekan bidang akademik FKIP Unsyiah.
  1. Tugas

Program PPG SM-3T FKIP Unsyiah mempunyai tugas mengkoordinasikan orientasi, workshop SSP, PPL, uji kompetensi, serta penyeleksian dan penetapan dosen  maupun pengembangan program PPG SM-3T FKIP Unsyiah.

  1. Fungsi

Untuk melaksanakan tugas tersebut di atas,PPG SM-3T FKIP Unsyiah mempunyai fungsi sebagai berikut.

  • Merumuskan kebijakan FKIP Unsyiah dan kebijakan teknis di bidang PPG SM-3T FKIP Unsyiah.
  • Mengurus dan melaksanakan koordinasi di bidang, orientasi, workshopSSP, PPL, uji kompetensi, serta penyeleksian dan penetapan dosen  maupun pengembangan Program PPG SM-3T FKIP Unsyiah.
  • Mengurus dan mengadakan perlengkapan/peralatan untuk pelaksanaan  program PPG SM-3T FKIP Unsyiah.
  • Melaksanakan urusan administrasi program PPG SM-3T FKIP Unsyiah.
  1. Tata Kerja dan Susunan Organisasi

Tata kerja Program PPG SM-3T FKIP Unsyiah terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara, ketua Divisi-Divisi, dan staf administrasi sebagai berikut.

1. Ketua PPG SM-3T FKIP Unsyiah

Ketua PPG SM-3T FKIP Unsyiah, secara terperinci mempunyai tugas sebagai berikut.

  • mengkoordinasi penyususnan rencana kegiatan dan RAB PPG SM-3T
  • mengkoordinasi kegiatan sekretariat dan program studi
  • mengkoordinasi penyiapan dokumen administrasi pelaksanaan dan keuangan PPG SM-3T
  • mengkoordinasi penyusunan laporan kegiatan dan keuangan PPG SM-3T

2. Wakil Ketua Bidang Akademik

Wakil ketua PPG FKIP Unsyiah, secara terperinci mempunyai tugas sebagai berikut.

  • mengkoordinasi pelaksanaan orientasi, workshop dan PPL PPG SM-3T
  • mengkoordinasi kegiatan sekretariat dan program studi
  • mengkoordinasi penyiapan dokumen administrasi pelaksanaan dan Jaminan mutu.
  • mengkoordinasi penyusunan laporan kegiatan orientasi, workshop SSP dan PPL.

3. Wakil Ketua Bidang Sarana Prasarana dan Keuangan

Wakil ketua Bidang Sarana Prasarana dan Keuangan PPG FKIP Unsyiah, secara terperinci mempunyai tugas sebagai berikut.

  • mengkoordinasi pengadaan dan pemilihaan sarana dan prasarana PPG SM-3T.
  • mengkoordinasi penyusunan laporan keuangan
  • mengkoordinasi ketatausahaan PPG SM-3T
  • mengkoordinasi penggunaan keuangan PPG SM-3T.
  • mengkoordinasi penyiapan sarana dan prasara ruang kuliah, sekretariat dan asrama PPG SM-3T

4. Wakil Ketua Bidang kemahasiswaan

Wakil ketua Bidang kemahasiswaan PPG FKIP Unsyiah, secara terperinci mempunyai tugas sebagai berikut.

  • mengkoordinasi kegiatan kemahasiswaan, mahasiswa PPG SM-3T baik di ruang belajar dan di asrama.
  • mengkoordinasi penggunaan sarana dan prasarana oleh mahasiswa PPG SM-3T
  • mengkoordinasi kondidisi mahasiswa PPG SM-3T , baik di kelas dan di asrama.
  1. Wakil Ketua Bidang Kerja Sama
  • Mengkoordinasi pelaksanaan MoU dengan Dinas Pendidikan, pemuda dan Olah Raga dan Kemenag.
  • Menkoordinasi kuliah umum untuk mahasiswa PPG SM-3T.
  • Mengkoordinasi kerja sama dengan semua pihak.

 

5. Sekretaris

Tugas skretaris PPG SM-3T FKIP Unsyiah, secara terperinci sebagai berikut.

  • menyusun rencana kegiatan (action plan) PPG
  • menyiapkan semua dokumen administrasi pelaksanaan PPG
  • mendokumentasi administrasi PPG
  • mengkoordinasi laporan dan membuat kegiatan PPG

 

6. Wakil Sekretaris

Tugas wakil skretaris PPG SM-3T FKIP Unsyiah, secara terperinci sebagai berikut.

  • membantu sekretasi menyusun rencana kegiatan (action plan) PPG
  • membantu sekretasi menyiapkan semua dokumen administrasi pelaksanaan PPG
  • membantu sekretasi mendokumentasi administrasi PPG
  • membantu sekretasi mengkoordinasi laporan dan membuat kegiatan PPG

 

7. Bendahara

Bendahara PPG FKIP Unsyiah mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut.

  • menyususn rencana anggaran belanja (RAB) pelaksanaan PPG
  • menyiapkan semua dokumen administrasi keuangan PPG
  • mengelola keuangan PPG
  • mengadakan bahan dan peralatan kebutuhan pelaksanaan PPG
  • membuat laporan keuangan setiap semester

 

8. Divisi Jaminan Mutu dan Pengembangan

Divisi Jaminan Mutu dan Pengembangan mempunyai tugas sebagai berikut.

  • menyiapkan intrumen uji seleksi calon peserta PPG
  • mengkoordinasi pelaksaan uji seleksi calon pesrta PPG
  • mengolah data hasil seleksi calon pesrta PPG
  • menyusun laporan hasil seleksi calon pesrta PPG
  • menyiapkan intrumen uji kompetensi peserta PPG
  • mengkoordinasi pelaksanaan uji kompetensi peserta PPG
  • mengolah data hasil uji kompetensi peserta PPG
  • menyususn laporan hasil uji kompetensi peserta PPG
  • mengembangkan instrumen monitoring dan evaluasi PPG
  • mengkoordinasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan PPG
  • mengolah hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan PPG.
  • menyusun laporan semester monitoring dan evaluasi pelaksanaan PPG

 

9. Divisi PPL dan Kerja Sama

Divisi PPL dan Kerja Sama mempunyai tugas

  • Membuat rencana kegiatan/juknis PPL PPG
  • Menyiapkan intrumen PPL PPG
  • Menyiapkan semua dokumen administrasi PPL PPG
  • Menyiapkan bahan PPL PPG
  • Mengkoordinasi pelaksanaan PPl PPG dengan sekolah mitra
  • Mengkoordinasi pembekalan peserta PPG
  • Mengkoordinasi  penetapan dosen pembimbing dan guru pamong
  • Mengkoordinasi pelaksanaan ujian PPL dengan sekolah
  • Mengoreksi data hasil PPL PPG dari dosen pembimbing dan guru pamong
  • Mengolah data hasil PPL peserta PPG
  • Menyusun laporan hasil uji seleksi calon peserta PPG

 

10. Divisi Akademik/Workshop

Divisi Akademik/Workshop mempunyai tugas sebagai berikut.

  • Membuat rencana kegiatan/juknis Workshop PPG
  • Menyiapkan intrumen Workshop PPG
  • Menyiapkan semua dokumen administrasi Workshop PPG
  • Menyiapkan bahan/perlengkapan Workshop PPG
  • Mengkoordinasi pelaksanaan Workshop PPG dengan program studi
  • Mengkoordinasi  penetapan dosen pengajar/pembimbing peserta PPG
  • Mengkoordinasi pembekalan Workshop peserta PPG dengan program studi
  • Meng-imput data hasil Workshop PPG dari dosen pengajar/ pembimbing dan guru pamong
  • Melaksanakan asesmen dan evaluasi dalam pelaksanaan ujian akhir yang dilaksanakan oleh program studi.
  • Mengolah data hasil Workshop peserta PPG
  • Menyusun laporan semester hasil Workshop peserta PPG.

 

11. Divisi Asrama

Divisi Asrama mempunyai tugas sebagai berikut.

  • Membuat rencana kegiatan/juknis Asrama
  • Menyiapkan usulan kebutuhan Asram
  • Menyiapkan semua dokumen/intrumen Asrama
  • Mengkoordinasi  penetapan pembina  Asrama
  • Mengkoordinasi pelaksanaan kehidupan berasrama
  • Mengkoordinasi pembekalan kehidupan di Asrama
  • Mengkoordinasi  penetapan pembina  Asrama
  • Mengkoordinasi keamanan asrama dengan SATPAM asrama
  • Mengkoordinasi pembina karakter di asrama
  • Mengevaluasi kegiatan Asrama
  • Menyusun laporan semester kehidupan di Asrama

 

12. Staf Administrasi  dan Keuangan PPG SM-3T

Staf Administrasi PPG SM-3T mempunyai tugas sebagai berikut.

  • Menginput data mahasiswa, dosen, dan guru,
  • Membuat portal pangkalan data PPG SM-3T.
  • Melaksanakan surat menyurat.
  • Menyiapkan dan mengedarkan daftar hadir.
  • Membantu penyiapan laporan PPG SM-3T
  • Membuat dokumentasi kegiatan PPG SM-3T.
  • Dan membantu sekretariat dalam pelaksanaan administrasi PPG SM-3T.