Rektor Unsyiah Buka Orientasi Akademik Mahasiswa PPG FKIP Unsyiah

Sebanyak 265 peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang tergabung atas program PPG Dalam Jabatan Daring Angkatan II dan PPG Dalam Jabatan Daerah Khusus (Dasus) Angkatan III Tahun 2019 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Syiah Kuala mengikuti kegiatan Orientasi Akademik pada hari Rabu, 3 Juli 2019 yang dilaksanakan di Auditorium FKIP Unsyiah. Kegiatan ini mengawali rangkaian kegiatan peserta PPG Dalam Jabatan setelah menyelesaikan perkuliahan secara Daring (Dalam Jaringan). Selanjutnya, peserta akan melaksanakan kegiatan lokakarya selama 3 minggu yang dimulai pada tanggal4 Juli sampai dengan 25 Juli 2019.

Ketua PPG FKIP Unsyiah, Bapak Dr. Samingan, M.Si dalam laporannya menyampaikan peserta PPG Dalam Jabatan Dasus terdiri dari 1 prodi, yaitu prodi PJOK sebanyak 19 orang. Selain itu, PPG Dalam Jabatan Daring tediri dari 7 prodi, yaitu prodi Matematika sebanyak 56 orang, prodi Bahasa Inggris 36 orang, prodi PJOK 49 orang, prodi Biologi 27 orang, prodi Geografi 29 orang, prodi Sejarah Indonesia 22 orang, dan prodi PPKn 26 orang. Sebagai akhir dari rangkaian kegiatan ini nantinya peserta akan mengikuti UKMPPG yang terdiri dari Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP). “Semoga Bapak Ibu dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan PPG ini dengan baik dan lulus sebagai pendidik professional”, ungkapnya.

Pada kegiatan ini turut hadir Rektor Universitas Syiah Kuala, Bapak Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng yang menyampaikan kuliah umum. Selain itu, beliau secara resmi membuka rangkaian kegiatan PPG Dalam Jabatan Daring Angkatan II dan PPG Dalam Jabatan Daerah Khusus (Dasus) Angkatan III Tahun 2019 ini.

Dalam kuliah umum beliau menyampaikan perihal tuntutan guru dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan revolusi ekonomi yang terus berkembang pesat. “Anak-anak di didik untuk berinovasi, sehingga nantinya kompetisi olimpiade bukan hanya ajang hafalan materi melainkan mereka paham konsep kemudian mereka dapat mengembangkan kreatifitas dan membuat inovasi-inovasi terbaru yang berpotensi untuk go internasional”, ungkapnya.

Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa peran guru sangatlah penting. Anak-anak lebih mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru di sekolah daripada apa yang disampaikan oleh orangtua, karena waktu mereka sebagian besar berada di sekolah. “Guru merupakan panutan dan apapun yang dikatakan guru dianggap benar oleh murid. Oleh karenanya guru memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa” ungkapnya.

Selain itu, pada kegiatan ini para peserta PPG Dalam Jabatan Daring Angkatan II Tahun 2019 difasilitasi untuk pembukaan buku rekening bank secara kolektif, sekaligus penandatanganan MoU dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan dilanjutkan pada siang hari dengan agenda pengarahan kegiatan peserta selama mengikuti program PPG yang disampaikan oleh Bapak Dr. Samingan., M.Si dan Bapak Drs. Rusman., M.Si. Selanjutnya, setelah para peserta mengikuti lokakarya Subject Spesific Pedagogy (SSP) selama 3 minggu dimulai pada tanggal 29 Juli sampai 16 Agustus, para peserta akan menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah-sekolah mitra yang tersebar di Banda Aceh dan Aceh Besar. Kegiatan PPL ini berlangsung selama 3 minggu, dimulai dari tanggal 29 Juli sampai dengan 16 Agustus 2019.

Sebagai kegiatan akhir dari rangkaian program PPG ini adalah kegiatan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG), dimana Uji Kinerja (Ukin) dilaksanakan pada tanggal 19-23 agustus 2019 dan Uji Pengetahuan (UP) pada tanggal 31 agustus 2019 mendatang. Diantara kegiatan UKin dan UP nantinya peserta akan difasilitasi oleh Pengelola PPG untuk mengikuti kegiatan persiapan UP. Dalam kegiatan ini peserta akan dibantu untuk memecahkan persoalan terkait soal-soal UP yang sering muncul. “Harapan kami semoga dengan semua rangkaian kegiatan ini Bapak/Ibu dapat menjalaninya dengan maksimal dan lulus 100%”.

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya