​PPG FKIP Unsyiah Edukasi Masyarakat untuk Peduli Lingkungan melalui PPG Care

Kegiatan peduli lingkungan melalui aksi pembersihan kawasan pantai di Aceh sudah mulai menjadi perhatian masyarakat dan Pemerintah, untuk itu para mahasiswa PPG FKIP Unsyiah 2018 melakukan aksi pembersihan kawasan wisata pantai Lampuuk, Aceh Besar, pada Minggu 6 Mei 2018. Sejak pukul 7 pagi, rombongan mahasiswa yang berjumlah 130 orang sudah berkumpul di asrama PPG Unsyiah untuk berangkat ke pantai wisata Lampuuk. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 45 menit itu dilalui dengan suasana ceria dan sukacita.

Samingan, ketua PPG FKIP Unsyiah, mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh mahasiswa PPG FKIP Unsyiah setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. “Guru merupakan sosok yang pantas digugu dan ditiru, sudah seharusnya menjadi pionir dalam menjaga kelestarian pantai dan lautan yang ada di Indonesia”. Beliau melanjutkan dalam kegiatan ini, mahasiswa harus menjaga norma-norma kesopanan di kawasan pantai Lampuuk yang merupakan tempat wisata di Aceh yang kental akan syariat islam. Pesan ini diterima dan dijalankan dengan baik oleh para mahasiswa PPG FKIP Unsyiah. Rusman, sekretaris PPG FKIP Unsyiah menambahkan kegiatan pembersihan pantai sepanjang 1 kilometer benar-benar dilakukan secara efektif dan efisien. Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok untuk pembersihan pada sisi kiri dan kanan pantai.

Peserta aksi medapati masih banyak sampah-sampah organik maupun non-organik di pantai dan laut di perairan Indonesia khususnya pada pantai-pantai yang berada di kawasan Aceh Besar. Pada kegiatan aksi pembersihan pantai tersebut setiap mahasiswa membersihkan sampah di pantai dengan cara mengutip sampah di sepanjang pantai. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dan pengunjung menjadi sadar akan pentingnya kebersihan kawasan pantai yang merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh masyarakat dan para pengunjung. Dedi, salah satu pengunjung mengatakan bahwa kegiatan ini sangat patut untuk diberikan apresiasi dan harus dilakukan terus menerus sebagai bentuk dedikasi terhadap peduli lingkungan agar tetap terjaga kelestarian dan keindahannya. Jika tidak dilakukan pembersihan sampah-sampah selain mengganggu pemandangan bagi pengunjung juga dapat menjadi sumber penyakit. Dedi juga berharap dengan adanya aksi peduli lingkungan seperti ini bisa memumbukan kesadaran bagi masyarakat dan pengunjung akan pentingnya kebersihan kawasan pantai. Pengelola wisata pantai Lampuuk, Anis menambahkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada PPG FKIP Unsyiah yang telah melaksanakan kegiatan PPG Care ini, "semoga kedepan acara ini tetap berkesinambungan dan kami siap mensupport yang dibutuhkan selama kegiatan".

Setelah aksi pembersihan pantai selesai dilakukan, dilanjutkan dengan kegiatan fun games yang diprakarsai oleh mahasiswa bidang studi Penjaskesrek. Kegiatan fun games inibertujuan untuk mewujudkan keakraban dan kerjasama antar mahasiswa PPG FKIP Unsyiah, baik yang berasal dari dalam maupun luar Aceh. Kegiatan ini juga dapat menumbuhkembangkan kompetensi Sosial yang harus dimiliki oleh guru profesional.

Kegiatan PPG Care ini juga dimanfaatkan sebagai ajang refreshing bagi mahasiswa PPG FKIP Unsyiah dalam melepas kejenuhan dari kegiatan lokakarya dan kegiatan-kegiatan penunjang lainnya yang diikuti oleh mahasiswa PPG FKIP Unsyiah mulai senin sampai dengan sabtu. Semua kelelahan dan kepenatan terbayar dengan keindahan tempat wisata pantai Lampuuk yang sudah terkenal bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya dengan lautnya yang biru dan pasirnya yang putih. Sebagian dari mahasiswa dari luar Aceh merasa takjub akan keindahan Pantai Lampuuk dan berharap kembali lagi dengan kegiatan yang sangat bermanfaat seperti kegiatan PPG Care ini.



Kontributor : Putri Restu Damayanti

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya