​PPG Care, Aksi Nyata Peduli Lingkungan Mahasiswa PPG FKIP Unsyiah

Berkesempatan menjadi mahasiswa PPG Prajabatan merupakan salah satu hal yang wajib disyukuri dalam hidup. Program ini tidak hanya memberikan fasilitas peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional untuk para mahasiswanya, tetapi juga kesempatan untuk meningkatkan kompetensi kepribadian dan sosial. Salah satu perwujuduan peningkatan dua kompetensi ini dilaksankan pada Minggu, (24/3/19). Mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi 2018 jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia melakukan aksi sosial peduli lingkungan. Kegiatan bertajuk “PPG Care” ini dilaksanakan di dua tempat, yakni lingkungan sekretariat PPG Unsyiah di Darussalam dan dilanjutkan hingga sore hari di Pantai Lampuuk.

ppg

Kegiatan itu dibuka oleh Drs. Rusman, M.Si., sekretaris PPG FKIP Unsyiah. Sejak pukul 08.00 WIB, sebanyak 24 orang mahasiswa telah berkumpul untuk membersihkan area di sekitar sekretariat. Mereka juga membersihkan dedaunan yang berguguran di sekitar kelas tempat mereka mengikuti workshop tahun lalu. Letaknya persis di belakang sekretariat PPG FKIP Unsyiah.

ppg

Usai membersihkan area di sekretariat PPG, para peserta melanjutkan perjalanan ke Pantai Lampuuk dengan menggunakan bus. Perjalanan dari Darussalam menuju Lampuuk, salah satu pantai terindah di Aceh, ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. Di sana mereka membersihkan sampah-sampah di tepi pantai, mulai dari bekas minuman gelas hingga bekas pamper bayi. Keindahan pantai yang sering disandingkan dengan Pantai Kuta di Bali ini akan tercemar bila masyarakat masih suka membuang sampah sembarangan.

ppg

Selain itu, sampah-sampah plastik di tepi pantai juga dikhawatirkan akan dibawa arus ke laut. Sudah sering muncul berita tentang ikan-ikan yang mati, terdampar di tepi pantai, lalu ditemukan berton-ton sampah plastik di dalam perutnya. Sangat disayangkan. Karena itu, kepekaan dan kesadaran untuk mencintai lingkungan diharapkan bukan hanya dirasakan oleh para peserta aksi, melainkanjuga para pengunjung yang melihat aksi kecil berdampak besar ini. “Selain menumbuhkan kesadaran terhadap kecintaan lingkungan, PPG Care juga mengajarkan kami betapa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan di mana pun kami berada. Aksi sosial peduli lingkungan yang kami lakukan di lingkungan PPG FKIP Unsyiah dan di sekitar Pantai Lampuuk merupakan wujud komitmen kami sebagai guru profesional nantinya yang dituntut memiliki kompetensi sosial dan kepribadian yang baik,” tutur Nur Arief Sanjaya, mahasiswa PPG yang berasal dari Jakarta.

ppg

PPG Care juga dirangkai dengan mancakrida (outbound) yang sangat menyenangkan. Panitia pelaksana telah mempersiapkan tiga permainan yang menguji kekompakan, kerja sama, dan melatih jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk keakraban antarpeserta. Permainan berlangsung sangat seru. Para pengunjung di Lampuuk yang berada di sekitar lokasi bermain pun ikut menikmati “kegilaan” dan kehebohan para peserta. Menariknya, panitia pelaksana juga menyediakan hadiah untuk empat kategori, yaitu tim pemenang, tim dengan yel-yel terbaik, tim terkompak, dan tim favorit. Tim pemenang berhasil diraih oleh Alpin dkk., tim dengan yel-yel terbaik dimenangkan oleh Herdi dkk., tim terkompak dimenangkan oleh Sanjay dkk., dan tim favorit dimenangkan oleh Berliyan dkk. Bagi para “Pejuang Gr.” yang sejak Januari hingga saat ini berkutat dengan dunia PPL dan persiapan UKMPPG, kegiatan ini menjadi kesempatan untuk berekreasi yang sudah lama dinanti. Ya, betapa bahagianya sebab bisa membersihkan lingkungan sambil merelaksasikan pikiran.

ppg

Akhirnya, salah satu kegiatan penting bagi calon guru profesional telah terlaksana dengan sangat baik. Lingkungan menjadi bersih. Kepenatan pikiran para mahasiswa pun terasa lenyap seketika. Kegiatan bermanfaat seperti ini semoga dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan.


Kontributor: Ernita Handayani

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya