Peringati Nuzulul Qur’an, Mahasiswa PPG Unsyiah Santuni Anak Yatim

Dalam rangka memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1439 H, mahasiswa PPG Unsyiah gelar kegiatan sosial bagi anak yatim dan kegiatan keakraban antar mahasiswa yang bertempat di asrama PPG Unsyiah. Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan ialah Pemberian bantuan “Donasi Pendidikan Anak Yatim”, Lomba cerdas cermat agama antar mahasiswa serta Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PPG Unsyiah 2018.

Minggu (3/6) mahasiswa PPG Unsyiah menyantuni 31 orang anak yatim yang berasal dari Desa Lamreung Ulee Kareng, Banda Aceh. Dengan memberikan “Donasi Pendidikan” berupa alat tulis dan kebutuhan sekolah lainnya. Rangkaian acara yang dikemas secara kekeluargaan ini diawali dengan pengenalan satu persatu anak – anak yatim yang berlatar pendidikan SD dan SMP. Dilanjutkan dengan menyuguhkan permainan-permainan menarik yang menambah keakraban antar mahasiswa PPG dengan anak – anak yang hadir. Kemudian ditutup dengan pemberian donasi dan foto bersama. Momen bulan Ramadhan ini sangat tepat dimanfaatkan untuk berbagi kebahagiaan dan rezeki dengan orang-orang yang membutuhkan.

“Kami bersyukur kali ini dapat berbagi dengan anak-anak yatim yang membutuhkan. Kami juga berharap donasi yang berasal dari teman- teman mahasiswa PPG Unsyiah 2018 ini dapat bermanfaat bagi pendidikan mereka.” Ungkap Muhammad Iqbal selaku penanggung jawab pada kegiatan ini.

Pada hari berikutnya, Senin (4/6) perangkat asrama mahasiswa PPG Unsyiah selaku panitia pada rangkaian kegiatan di Bulan Ramadhan mengadakan perlombaan ‘Cerdas Cermat Agama’ antar kelas mahasiswa PPG Unsyiah 2018. Acara yang berlangsung ramai dan meriah ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari 6 kelas lokakarya, yakni kelas A dan B prodi Bahasa Inggris, kelas A dan B prodi Matematika, kelas prodi Penjaskesrek dan kelas prodi PGSD.

Acara yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi sekaligus menambah wawasan keagamaan ini dimenangkan oleh perwakilan mahasiswa kelas B prodi Matematika. Bulan suci Ramadhan membawa berkah tersendiri buat mereka yang berhasil menyabet juara 1 pada babak final melawan perwakilan mahasiswa kelas A prodi Matematika yang berhasil meraih juara 2 dan perwakilan kelas prodi Penjaskes pada juara 3.

Menurut Rizki Nuzul Ridha yang didapuk sebagai Ketua Panitia, Lomba Cerdas Cermat ini tidak hanya sebagai ajang adu pemahaman tentang agama, akan tetapi juga diharapkan kedepannya teman-teman calon guru profesional mampu membentuk karakter yang berfikir kritis dan kreatif agar dapat bersaing secara sportif.

Rangkaian kegiatan yang bertema “Membentuk guru professional berakhlak mulia melalui momentum Nuzulul Qur’an” diakhiri dengan acara buka puasa bersama seluruh keluarga besar PPG Unsyiah 2018. Dekan, Ketua PPG Unsyiah, Kepala Asrama, para dosen serta pegawai sekretariat turut hadir di tengah-tengah mahasiswa PPG untuk sama- sama berbuka puasa di Aula Asrama PPG Unsyiah. Acara ini diawali dengan pembagian hadiah cerdas cermat oleh Dekan yang kemudian ditutup dengan tausyiah oleh Ust. Mizan. Dalam tausyiahnya beliau menyampaikan mengenai manfaat berbagi kepada sesama khususnya di bulan penuh berkah ini.

Kegiatan berbagi kebahagiaan dengan mempererat ukhuwah islamiyah di bulan Ramadhan tak lepas dari keterlibatan serta partisipasi aktif dari para seluruh mahasiswa PPG Unsyiah. Harapannya dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan berbagi serta sebagai pengingat betapa pentingnya menyantuni anak yatim dan menjaga persaudaraan agar kehidupan dunia dan akhirat dapat selalu berkah.

Kontributor: Zamharira Kasturi

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya