Orientasi Akademik PPG Daljab, Dekan FKIP Unsyiah;

Sebanyak 218 peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) program PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2019 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Syiah mengikuti kegiatan Orientasi Akademik yang dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Maret 2019 di Auditorium FKIP Unsyiah. Kegiatan ini mengawali rangkaian kegiatan peserta PPG Dalam Jabatan setelah menyelesaikan perkuliahan secara Daring (Dalam Jaringan) selama 32 hari. Selanjutnya peserta akan melaksanakan kegiatan lokakarya selama 5 minggu dimulai pada tanggal 8 Maret 2019 dan PPL selama 3 minggu.

Ketua PPG FKIP Unsyiah, Bapak Dr. Samingan, M.Si dalam laporannya menyampaikan sebelumnya ada 236 orang peserta yang mengikuti perkuliahan Daring (Dalam Jaringan). Namun hanya 218 orang yang berhasil lulus. Mereka berasal dari bidang studi berbeda yakni Matematika 55 orang, Bahasa Inggris 57 orang, Penjaskesrek 51 orang, kimia 29 orang, dan ekonomi 26 orang. Sebagai akhir dari rangkaian kegiatan ini nantinya peserta akan mengikuti ujian akhir yaitu Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP). “Semoga bapak ibu dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan PPG ini sampai dengan selesai dan lulus sebagai pendidik professional” ungkapnya.

Pada kegiatan ini turut hadir Dekan FKIP Unsyiah, Bapak Prof. Dr. Djufri, M.Si. Beliau menyampaikan kata sambutan sekaligus secara resmi membuka rangkaian kegiatan PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2019 ini. Dalam sambutannya beliau memberikan motivasi dan bercerita sekilas sejarah PPG. “Dulu nama programnya PLPG, namun karena dinilai masih tidak efektif maka sistemnya dirubah dan sekarang sudah menjadi PPG. Selamat untuk seluruh peserta yang sudah lulus perkuliahan Daring (Dalam Jaringan)dan harapan kami semoga sebanyak 218 orang yang akan mengikuti kegiatan program PPG ini dapat menjalani dengan sungguh-sungguh dan nantinya lulus 100%”.

Sampai dengan saat ini pemerintah begitu besar perhatiannya terhadap kesejahteraan para guru. Profesi guru masih menjadi prioritas pemerintah karena semua profesi dididik oleh guru sehingga guru menjadi unjung tombak untuk masa depan Indonesia dalam mencerdaskan anak bangsa. “Maka jangan disia-siakan kesempatan yang sudah diberikan oleh Pemerintah terkait dengan bantuan beasiswa untuk bapak ibu mengikuti program Profesi Guru ini” ujarnya.

Dalam kegiatan orientasi akademik ini peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2019 difasilitasi untuk pembukaan buku rekening bank secara kolektif sekaligus penandatanganan MoU dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sehari sebelumnya, PPG FKIP Unsyiah telah melaksanakan kegiatan penyamaan persepsi bagi instruktur lokakarya Subject Spesific Pedagogy (SSP) PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2019. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan FKIP Unsyiah, Wakil Dekan I, dan para ketua jurusan/prodi beserta dosen yang terlibat dalam pelaksanaan lokakarya. Ketua PPG manyatakan bahwa kegiatan penyamaan persepsi ini penting dilaksanakan agar dilapangan tidak terjadi miss persepsi antara satu dosen dengan dosen lainnnya sehingga membingungkan peserta saat lokakarya.

Diakhir kegiatan Dekan FKIP Unsyiah juga mengajak seluruh instruktur untuk memiliki komitmen dan keseriusan dalam membimbing peserta agar nantinya PPG tahun 2019 ini lebih berkualitas dari tahun sebelumnya. Beliau juga mengapresiasi para instruktur yang selama ini sudah bekerja keras dan maksimal dalam membimbing peserta. Baik itu saat lokakarya, PPL maupun persiapan UKMPPG. Semoga hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan demi kemajuan PPG FKIP Unsyiah.

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya