Menjadi Guru profesional melalui Lesson Study

Mahasiswa PPG SM3T FKIP Unsyiah antusias mengikuti pelatihan lesson study. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, sabtu (29/4) s.d. minggu (30/4) bertempat di aula asrama dan ruang workshop PPG SM-3T, jalan Inong Balee, Kopelma Darussalam, Banda Aceh.

Kegiatan yang dimulai pada tanggal 29 April ini dibuka oleh Wakil Dekan I FKIP Unsyiah, Dr. M. Hasan, M.Si. Dalam sambutannya,beliau menyampaikan bahwa lesson study adalah salah satu kegiatan yang digunakan oleh guru-guru di Jepang untuk menguji keefektifan pengajaran guna meningkatkan hasil belajar. Saat ini, Indonesia juga mulai menerapkan model tersebut untuk membenahi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang selama ini masih belum maksimal. Selnajutnya beliau berharap mahasiswa PPG yang disiapkan menjadi calon pendidik profesional masa depan Indonesia adalah subjek yang tepatsebagai sasaran pelatihan. Tanggung jawab mereka untuk mencerdaskan anak bangsa akan terealisasi jika upgrade skill profesional melalui lesson study ini dapat diterapkan saat mereka bertugas nanti.

Hari pertama pelatihan ini diisi dengan pemantapan teori lesson study dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) olehDr. Hasanuddin, M.Si., dan Dr. Rahmah Johar yang berlangsung sejak pukul 08.30-16.00 WIB.

Dihari kedua, sejumlah 83 mahasiwa PPG FKIP Unsyiah dibagi menjadi 5 kelompok praktik sesuai dengan program studi masing-masing. Mereka berupaya untuk mengaplikasikan teori yang telah diperoleh melalui praktik open lesson. Praktik ini dibimbing langsung oleh para pakar, antara lain:Dr. Hasanuddin, M.Si., Drs. Mukhlis, M.S., Dr. Burhanuddin YS, M.Ed., Suhartati, S.Pd., M.Pd., dan Melvina, S.Pd., M.Pd.

Para mahasiswa PPG SM-3T mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dengan harapan pelatihan ini mampu meningkatkan kompetensi mereka untuk menjadi guru professional.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya