Mahasiswa PPG Teknik Kimia FKIP Unsyiah dibekali Pembinaan UKS

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah salah satu pilar penting penunjang pendidikan yang bermutu. Proses belajar mengajar tidak akan berjalan efektif jika sekolah mengabaikan kesehatan siswa, guru, pegawai dan lingkungan sekolah.
Tanggung jawab UKS memang merupakan kewajiban seluruh warga sekolah, namun guru sebagai pendidik harus memiliki kompetensi untuk membimbing siswa dalam menjalankanya. Kegiatan utama usaha kesehatan sekolah atau yang disebut dengan Trias UKS meliputi; pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat.
Hal ini penting untuk dilaksanakan agar peserta didik terjaga kesehatanya baik fisik, mental maupun sosial. Mereka juga diharapkan memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah.

Sebagai calon guru profesional, mahasiswa PPG Teknik Kimia Unsyiah dibekali pembinaan UKS. Kegiatan ini berlangsung di aula Asrama PPG Unsyiah pada hari Sabtu (20/1/2018) pukul 8.30-12.00 WIB. Selain mendapatkan materi dari Dr. Yusni M.Kes tentang pilar-pilar UKS dan prinsip-prinsip P3K, mereka juga melakukan simulasi resusitasi jantung. Melalui pembinaan ini diharapkan nantinya mereka dapat menjalankan pembinaan UKS di sekolah agar terwujud kondisi belajar yang efektif dan penuh semangat.
(RW)

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya