Mahasiswa PPG SM-3T Peduli Lingkungan

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa PPG adalah kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai wujud pembelajaran terhadap kompetensi tersebut pengelola PPG SM-3T FKIP Unsyiah bersama mahasiswa melaksanakan kegiatan pembersihan pantai di pantai Ujung Batee (Minggu, 24/09/17).

Kegiatan ini mengusung tema “PPG Care: Aksi Sosial Peduli Lingkungan”. Dalam sambutan yang disampaikan oleh sekretaris Program PPG, Drs. Rusman, M.Si., beliau menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan realisasi kecakapan sosial calon guru profesional. “Selain cakap dalam bidang keilmuan, pendidikan serta spiritual, seorang calon guru profesional juga dituntut memiliki kecakapan sosial, dan kegiatan membersihkan sampah di pantai Ujong Batee merupakan aksi nyata dari keprofesionalan Anda semua.”

Sekira pukul 09.30 Wib, pengelola PPG SM-3T bersama mahasiswa mulai membersihkan sampah-sampah yang tidak terurai di sepanjang pantai. Botol plastik, bungkusan makanan ringan, bungkusan rokok, dan berbagai jenis sampah plastik lainnya memenuhi puluhan kantong sampah yang dibawa peserta.

Pemilihan pantai Ujong Batee merupakan keputusan tepat, karena pantai ini jarang ditemui pedagang sehingga tidak ada yang membersihkan sampah-sampah yang berserakan dan mengotori pantai.

Setelah pembersihan pantai selesai, mahasiswa PPG SM-3T melakukan refreshing dengan mengikuti fun game yang di pandu oleh lembaga outbond Sahabat Alam Nusantara. Para mahasiswa berapresiasi, melatih kerjasama dan kepemimpinan serta ketangkasan. Kegiatan fun game tersebut membantu menghilangkan kepenatan mahasiswa yang hari-harinya disibukkan dengan proses belajar mengajar dan PTK di sekolah-sekolah latihan PPL.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya