Mahasiswa PPG FKIP Unsyiah Antusias Mengikuti Pelatihan Pembinaan Osis

Pendidikan Profesi Guru (PPG) FKIP Unsyiah Sabtu (14/4/2018) melaksanakan kegiatan pelatihan pembinaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) kepada mahasiswa PPG FKIP tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium FKIP Unsyiah dan diikuti sebanyak 130 mahasiswa. Dalam rangka menciptakan calon guru profesional yang aktif, kreatif dan inovatif mahasiswa PPG di bekali pelatihan pembinaan OSIS yang disampaikan oleh Narasumber dalam kegiatan tersebut Ibu Husnawati, S.Pd., M.Pd.

Husnawati selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan “pelatihan pembinaan OSIS sekarang ini cukup penting untuk membentuk karakter, memberikan spirit bagi organisasi sekolah dan guru dalam membimbing siswa-siswa disekolah berorganisasi dengan baik dan terstruktur. Pelatihan seperti ini menjadi keharusan untuk dilaksanakan secara rutin, karena mampu memberi pemahaman kepada pembina OSIS di masing-masing sekolah untuk memunculkan pemimpin baru bagi siswa yang berkarakter dan memiliki spirit dalam organisasi,"

Mengenai pengertian dan tujuan dari OSIS itu sendiri merupakan sebagai suatu sistem yang ditandai beberapa ciri-ciri pokok, yaitu berorientasi pada tujuan, memiliki susunan kehidupan kelompok, terkoordinir, dan berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.

Untuk mencetak pemimpin yang berkarakter, juga mengarahkan kepada para guru agar menerapkan beberapa ide atau program yang menurutnya harus segera dilaksanakan dengan memberikan kegiatan-kegiatan kepada siswa yang menggugah kreativitas, program yang bisa mendorong siswa untuk berprestasi dan melakukan kegiatan yang bisa menambah rasa kepedulian sosial dengan masyarakat.

Setelah mendapatkan materi, mahasiswa diarahkan untuk melaksanakan diskusi kelompok tentang struktur dan program kerja OSIS dari satuan pendidikan yang telah ditentukan oleh kelompok mereka masing-masing. (ZF)


Untuk nonton videonya klik disini

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya