156 Mahasiswa PPG FKIP Unsyiah Ikut Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)

Salam Pramuka!
Dalam usaha meningkatkan kompetensi guru profesional PPG FKIP Unsyiah bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Aceh kembali mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) untuk para Mahasiswa PPG FKIP Unsyiah. Kegiatan kursus akan digelar dari tanggal 14 s.d 18 Juli 2018. Acara pembukaan dilaksanakan di ruang Aula Asrama Kompas Universitas Syiah Kuala, Sabtu (14/7/2018). Dalam acara pembukaan diihadiri oleh semua Mahasiswa PPG Unsyiah berjumlah 156 mahasiswa yang teridi dari PPG Prajabatan Gelobang Bersubsidi I, PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang II, PPG SM-3T, Pembina dari Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Aceh, Dekan FKIP Unsyiah dan Pengelola PPG FKIP Unsyiah.

Dalam acara pembukaan secara simbolis diadakan penyerahan bendera dan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta bertanda bahwa Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) Mahasiswa PPG FKIP Unsyiah 2018 siap untuk dilaksanakan.

Secara resmi pembukaan acara dibuka oleh Dekan FKIP Unsyiah, Prof. Dr. Djufri, M.Si., dalam sambutannya mengatakan hendaknya semua peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir tanpa terputus sehingga materi kursus dapat diserap dengan baik. Dan perlu ditanamkan dalam bahwa Pramuka harus diikuti dengan Knowledge, Heart dan Competitive.

Dalam kegiatan kursus ini para peserta akan mengikuti kursus selama 62 jam, diawali dengan kegiatan pre-test untuk mengetahui pengetahuan dasar-dasar kegiatan pramuka bagi para mahasiswa PPG. Wacana selanjutnya yaitu melanjut kegiatan kepramukaan yang dibagi dalam kegiatan indoor dan outdoor. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan Kepramukaan, pengetahuan tentang Pembina Pramuka dan Struktur Organisasi Pramuka yang akan diberikan dalam kegiatan indoor. Sedangkan dalam kegiatan outdoor, para mahasiswa akan mengikuti Outdoor Activity yaitu Penjelajahan dan Praktek Kegiatan Scouting Skill. Pada saat akhir kursus akan dilaksanakan post-test yang menetukan kelayakan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan ijazah sebagai Pembina Pramuka di sekolah.

Semoga kegiatan KMD bagi mahasiswa PPG FKIP Unsyiah untuk menjadi Pembina Pramuka ini berjalan dengan lancar dan harapannya semoga membawa kebaikan bagi para calon guru yang akan menjadi pembina nantinya pada saat di sekolah tempat mengabdi.



Kontributor: Putri Restu Damayanti.

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya