Unsyiah Buka Seleksi PPG Mandiri

03-01-20 Admin PPG 0 comment

313 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Universitas Syiah Kuala melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), kembali membuka seleksi pendaftaran program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri gelombang kedua tahun ajaran 2019/2020. Unsyiah ditunjuk sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), untuk menyelenggarakan seleksi tersebut.

Ketua PPG FKIP Unsyiah, Dr. Samingan, M.Si mengatakan, PPG Prajabatan Mandiri merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud, dimana seleksi gelombang pertama telah dilaksanakan pada Desember 2019 untuk bidang studi Penjaskes, PPKN, dan Sejarah namun jumlah yang lulus belum memenuhi kuota.

Untuk tahun 2020 sesuai dengan pengumuman Dirjen Belmawa nomor 1141/E/PB/2019 tanggal 31 Desember 2019, kembali dibuka kesempatan kepada lulusan-lulusan terbaik untuk mengikuti seleksi tahap kedua dengan bidang studi yang sama. “Mahasiswa dari bidang studi lain tetap diizinkan untuk mengikuti seleksi di Unsyiah, namun memilih penempatan PPG di universitas lain,” ujar Samingan.

Program PPG Prajabatan Mandiri dilaksanakan selama dua semester dengan biaya pendidikan sebesar Rp 8,5 juta per semester. Biaya pendidikan tersebut sepenuhnya ditanggung oleh mahasiswa.
“Bagi yang berminat, dapat pendaftarkan diri secara online melalui laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id/,” ucapnya.

Samingan menyebutkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa PPG Prajabatan Mandiri, yaitu IPK minimal 3.00, lulusan S1/D4 dari program studi dengan akreditasi minimal B, usia pelamar maksimal 34 tahun terhitung sampai dengan 31 Desember tahun pendaftaran, Bidang studi program PPG yang dipilih harus linear dengan kelulusan ijazah S1/D4, dan terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

Pendaftaran dan pembukaan seleksi administrasi program PPG ini di mulai sejak tanggal 2 – 30 Januari 2020. Informasi hasilnya akan diumumkan pada 4 Februari 2020. Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi, diwajibkan mengikuti seleksi akademik, bakat/minat, kepribadian, dan panggilan jiwa pada 8 – 9  Februari 2020. Hasil akhir dari seluruh tahapan seleksi ini akan diumumkan pada 14 Februari 2020.

Unduh pengumuman Kemdikbud tentang seleksi PPG Prajabatan Mandiri
Unduh linearitas PPG

Unduh kuota PPG Prajabatan Mandiri 2020



Leave a reply