Guru SM-3T Manggarai Adakan Sikat Gigi Massal

NTT – Kegiatan Sikat Gigi Massal (Sigimas) jika di selenggarakan oleh orang bidang kesehatan merupakan hal yang biasa. Bagaimana jika kegiatan tersebut di adakan oleh guru, ini merupakan hal yang patut di apresiasi. Seperti aksi sikat gigi massal yang dilakukan oleh guru muda Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM-3T) penempatan Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (09/06/2016).

Kegiataan sikat gigi massal ini di pusatkan di SDI Cambir, Kecamatan Satamese yang di ikuti oleh 129 siswa. Acara ini bertujuan untuk mengajak anak-anak menjaga kesehatan gigi sejak dini. “Kita ingin menumbuhkan kesadaran sedini mungkin kepada anak-anak, agar mereka sadar akan pentingnya memiliki gigi yang sehat, gigi yang bersih dan dapat mengaplikasikan cara menyikat gigi yang benar setiap harinya”, Kata Panitia Pelaksana Sigimas, Nodi Herhana.

Senada dengan itu juga, salah satu panitia pelaksana yang lain Erlyn Andriani mengatakan di daerah ini tidak ada listrik, sehingga anak-anak jarang sekali melihat tayangan di televisi mengenai kesehatan gigi. ” Sudah menjadi tugas pengabdian kami guru SM-3T sebagai penyambung orang tua maupun pemerintah untuk mengajarkan anak-anak menjaga kesehatan gigi dan mulut”, ujar Erlyn.

Para guru muda dari Universitas Syiah Kuala Aceh dan Universitas Negeri semarang (Unnes) ini juga menghadirkan Drg. Dewi Ayu sebagai penyuluh Sigimas sekaligus memberikan simulasi cara mencuci tangan. ” Melalui acara ini saya berharap nantinya anak-anak bisa menerapkan sikat gigi dua kali dalam sehari, bisa menyuci tangan dengan benar, demi terciptanya perilaku hidup sehat”, ungkap Dokter dari Puskesmas Narang ini.

Selain aksi sigimas, SM-3T angkatan V ini juga bekerjasama dengan Drg. Januar Iriawan, dokter gigi dari Puskesmas Lao, Ruteng untuk meriksa gigi anak-anak kelas 1 sampai 3. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat tidak ada anak-anak yang menolak bahkan menangis ketika giginya di cabut.

Pada akhir acara, panitia membagikan pasta gigi kepada siswa SDI Cambir, dengan harapan agar tumbuhnya motivasi anak-anak untuk terus menjaga kesehatan gigi.

Kontributor: Nurhamidah (Guru SM-3T FKIP Unsyiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *